2/05/2012

Computer tidak menampilkan gambar ketika dinyalakan,keyboard dan mouse mati.

         Beberapa hari yg lalu,komputer tetangga saya error.Ketika dinyalakan,tidak muncul gambar sama sekali,tidak ada bunyi beep pendek atau pun beep panjang.Cpu fun berada dalam keadaan nyala,tapi keyboard dan mouse tidak menyala atau mati.
        Kemudian saya mecoba untuk membetulkannya.Saya saat itu tidak tahu apa yg menyebabkan kerusakan itu.Saya coba untuk mencopot dan kemudian memasang kembali RAM,ternyata bukan itu masalahnya.Kemudian saya  juga mencoba membongkar dan memasang kembali processor,saya pikir mungkin masalahnya disitu,lalu saya hidupkan lagi,masih tidak bisa juga.Saat itu kerusakan atau error yg bisa dilihat adalah keyboard yg tidak berfungsi dan mouse yg tidak berfungsi dan monitor yg tidak menampilkan screen booting,gelap hitam sama sekali.Gambar dibawah ini adalah gambar sebuah Power Suplay.
    Akhirnya saya menemukan ide,yg saya tangkap dari kejadian ketika saya mencoba meng unplug mouse,kebetulan waktu itu mouse yg dipakai adalah usb mouse.Ketika  usb mouse dimasukan sekilas lampu pada mouse menyala,tapi kemudian mati.Dari situ saya berpikir ternyata tak ada listrik yg masuk ke mouse dan keyboard,itulah sebabnya mouse dan keyboard mati atau tak berfungsi.Dari sini saya berkesimpulan Power Suplay tidak menyalurkan arus listrik yg dibutuhkan computer dengan sempurna.
      Kemudian saya ganti Power suplaynya,dan...beep satu kali yang ingin saya dengar suaranya akhirnya terdengar juga disertai dengan munculnya screen booting dilayar monitor.Nah kalau suatu saat kawan kawan mendapatkan masalah yang sama dengan masalah seperti ini cobalah penyelesaian seperti ini.Dan kalau untuk teory nya cobalah cari di internet,banyak yg membahas masalah seperti ini.




11 komentar:

  1. Permisi Gan..
    komputer ane punya msalah yg sama sperti agan alami..
    msalah na,
    mouse dan keyboard na gak menyala sama sekali bahkan untuk sekilas pun gak....
    selain ganti Pow.Suplai , apa lagi yg perlu di periksa gan?

    thanks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komputer saya juga punya masalah yg sama, gan...
      cpu nyala, tapi yang lain gak nyala..
      udh diganti power supply hasil tetap sama..
      ada solusi?

      Hapus
  2. coba dibawa ke dukun komputer.

    BalasHapus
  3. hahahah, mntaapp
    kunjung balik y bro :D

    BalasHapus
  4. gan mau nanya kmputer saya ada masalah, CPUnya nyala, keybord nyala, tetapi pas CPU dihidupkan setelah booting tidak bisa masuk windows dan langsung masuk menu safe mode, bunyi beep pun tidak ada sama sekali,

    apakah ada solusi gan,
    tolong dibantu,
    thanks,

    BalasHapus
  5. pc ane mlh mouse dan keyboard nyala tapi lampu led, layar gk da tampilan, kipas procie dan psu mati..kenapa ea gan?

    BalasHapus
  6. masalah ane sama persis sama situ, tapi kenapa yaa udah dicoba tipsnya blm brhasil jg aduuuhh

    BalasHapus
  7. Permasalahannya sama dengan cpu saya mas .... saya coba dulu tipsnya

    BalasHapus
  8. yah begitulah kehidupan (ikon ketawa)

    BalasHapus
  9. daku jg pernah mengalami hal seperti itu...coba lepas kabel power dan kabel vga dan lepas jg vganya...dan pasang lagi semuanya...coba nyalakan dan pc normal kembali...selamat mencoba dan jangan lupa ngopi (ikon ketawa sambil senyum²)

    BalasHapus
  10. punten om nyuhunkeun solusinya , saya bersihin PC yang bnyak debunya . . sesudah bersih trus saya pasang kembali . lanjut saya nyalain . . awalnya nyala,saya pikir normal,eehh mungkin ada 15Menit kmudian PC restar sendiri.saya coba cabut kabel listrik dari PC ,trs pasang lagi .masih aja restar sendiri PC nya.akhirnya saya bongkar lagi .seperti RAM ,hardist ,powersuply dan kipas Maderbootnya . trus saya pasng lagi eeeee makin parah kipas maderboot nyala ,kipas powersuply nyala . tetapi mouse dan kyibor tidak menyala ,tak ada gambar ke monitor dan lampu tombol star on pun mati . kira kira apanya om . mohon bantu solusinya. Trimakasih

    BalasHapus