4/27/2012

Kotak Puzzle bernama CPU


     Dulu ane menganggap kalau terjadi kerusakan pada hardware computer pasti bingung dan susah ngebetulinnya,padahal pendapat seperti ini bisa dianggap "bener gak bener".Dulu ane gak tau nama nama hardware computer,sekarang sedikit demi sedikit ane udah kenal nama namanya,walau masih banyak juga yang belum tau.Begini...setelah ane pikir pikir..sebuah cpu ( central processing unit ) itu ibarat sebuah kotak "puzzle"dengan kepingan bagian bagian yang harus kita pasang.Kita anggap saja casing adalah kotak puzzle-nya.Bagian bagian yang harus kita pasang misalnya adalah: mainboard,harddisk,Ram,kabel data,cd rom,vga,sound card,dll dll. Sebenarnya mudah untuh memasang bagian bagian itu,karena bagian bagian itu punya tempat sendiri sendiri yang ukuran dan bentuknya hanya cocok untuk satu bagian saja.Misalnya bagian yang namanya ram hanya dapat dipasang di slot khusus untuk ram saja.Jadi kalau ada bagian yang sulit untuk dipasang,jangan dipaksakan,itu mungkin karena kita salah tempat memasangnya.Kalau kita benar menempatkan bagian bagian itu,tanpa perlu menekan dengan keras bagian bagian itu akan dengan mudah terpasang.Nah jadi penting sekali untuk kita untuk tau nama nama hardware pada computer kita.Karena yang ane tau masih banyak juga tuh orang yang punya computer tapi belum tau bagian bagian dari computernya.Akibatnya kalau terjadi kerusakan pada computer,selalu harus dibawa ke service computer.Masih untung kalo gak di kadalin tukang service computer.Padahal ada baiknya kalau kita mencoba untuk memperbaiki sendiri dulu,siapa tau penyebab kerusakannya hanya sepele.Cobalah cari solusinya lewat internet di hp,disana kamu bisa nanya sama om Google.Untuk bahasan memperbaiki sendiri computer secara mendetil akan saya tulis di lain waktu.Beberapa bagian (hardware)  yang utama yang wajib kita kenal/atau ketahui namanya yang minimal harus ada jika kita ingin membuat/merakit sebuah cpu/computer adalah:
1.Casing,sudah dengan power suplay didalamnya.
2.Motherboard/Mainboard,lengkap dengan processor-nya
3.Harddisk,dengan kabel datanya.
4.Ram
5.Cd Rom,untuk meng-instal.
6.Vga Card,untuk menampilkan gambar di monitor,tidak perlu jika di mainboard nya sudah dilengkapi "vga onboard"
7.Keyboard
8.Mouse
9.Monitor
     Nah perangkat keras/hardware yang ane sebut diatas sudah cukup untuk kita merakit sebuah computer.Dilain waktu ane bakalan tulis secara detil langkah langkahnya.Kali ini ane lagi iseng aja,males banget nulis panjang panjang.dan tentu saja tulisan ini bisa bener bisa juga enggak...hehehe..Tapi itulah pengalaman ane.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar